Tutorial Cara Upgrade PHP 5 Ke PHP 7 Dengan Mudah

Cara Upgrade Versi PHP 5 ke Versi PHP 7

Nurhidayat.id - Halo sobat, pada kali ini saya akan membagikan pengalaman saya cara upgrade php versi 5 ke php versi 7. Sebelumnya saya punya kasus pada aplikasi web saya yang menggunakan framework codeigniter dimana ketika saya ingin menampilkan report terdapat pesan error yang intinya pada pesan tersebut saya harus upgrade versi php yang saya gunakan sekarang ini ke php versi 7. Awalnya sempat bingung saya browsing sana sini cara upgrade nya untuk orang pemula seperti saya cukup ribet. Namun saya menemukan bagaimana cara upgrade versi php dari php 5 ke php 7 dengan mudah.

Sebelum upgrade pastikan dahulu php versi berapa yang sobat gunakan saat ini.

Tutorial Cara Mengetahui Versi PHP

Caranya jalankan atau aktifkan terlebih dahulu pada xampp sobat yaitu Apache dan MySql.

Buka browser, lalu ketikan http://localhost/ jika sudah akan terlihat tampilan seperti dibawah ini.

Tutorial Cara Upgrade PHP 5 Ke PHP 7 Dengan Mudah

Bisa sobat lihat pada gambar tersebut bahwa versi xampp yang saya gunakan saat ini adalah versi 7.1.26 yang berarti sudah mendukung untuk php versi 7.

Berikut Tutorial Cara Upgrade PHP 5 Ke PHP 7 Dengan Mudah

1. Melakukan Backup data terlebih dahulu yaitu dengan cara memindahkan file website anda yang terletak pada folder htdocs sebelumnya. Silahkan sobat cut saja lalu pindahkan ketempat yang aman.
2. Backup database web sobat yang berada di phpmyadmin

3. Pastikan sobat sudah melakukan backup file-file penting semuanya yang berada di folder xampp.

4. Uninstall xampp yang sobat gunakan saat ini hingga bersih/berhasil.

5. Download Versi Xampp terbaru yang sudah menggunakan php versi 7.
Sobat bisa pilih versi php berapa yang akan sobat gunakan :


Kalau saya menggunakan versi yang 7.1.26, sobat bisa menyesuaikan saja ..

6. Install xampp yang baru Download tadi hingga selesai.

7. Jalankan kembali xampp nya dan Cek versi xampp nya, sama dengan cara diatas yaitu dengan cara masuk ke http://localhost/ . Apakah sudah berubah dari versi sebelumnya.

8. Selesai, sekarang versi php sobat sudah naik dari sebelumnya.

Demikianlah Tutorial Cara Upgrade PHP 5 Ke PHP 7 Dengan Mudah Semoga Artikel ini dapat membantu dan bermanfaat buat para pembaca blog ini.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter